BENTUK KARANGAN ILMIAH
- Skripsi; adalah karya tulis (ilmiah) mahasiswa untuk melengkapi syarat mendapatkan gelar sarjana (S1). Skripsi ditulis berdasarkan pendapat (teori) orang lain. Pendapat tersebut didukung data dan fakta empiris-obyektif, baik berdasarkan penelitian langsung, observasi lapangan / penelitian di laboratorium, ataupun studi kepustakaan. Skripsi menuntut kecermatan metodologis hingga menggaransi ke arah sumbangan material berupa penemuan baru.
- Tesis; adalah jenis karya tulis dari hasil studi sistematis atas masalah. Tesis mengandung metode pengumpulan, analisis dan pengolahan data, dan menyajikan kesimpulan serta mengajukan rekomendasi. Orisinalitas tesis harus nampak, yaitu dengan menunjukkan pemikiran yang bebas dan kritis. Penulisannya baku dan tesis dipertahankan dalam sidang. Tesis juga bersifat argumentative dan dihasilkan dari suatu proses penelitian yang memiliki bobot orisinalitas tertentu.
- Disertasi; adalah karya tulis ilmiah resmi akhir seorang mahasiswa dalam menyelesaikan program S3 ilmu pendidikan. Disertasi merupakan bukti kemampuan yang bersangkutan dalam melakukan penelitian yang berhubungan dengan penemuan baru dalam salah satu disiplin ilmu pendidikan.
Perbedaan Umum antara Skripsi, Tesis dan Disertasi
No |
Aspek |
Skripsi |
Tesis |
Disertasi |
1 |
Jenjang |
S1 |
S2 |
S3 (tertinggi) |
2 |
Permasalahan |
Dapat diangkat dari pengalaman empirik, tidak mendalam |
Diangkat dari pengalaman empirik, dan teoritik, bersifat mendalam |
Diangkat dari kajian teoritik yang didukung fakta empirik, bersifat sangat mendalam |
3 |
Kemandirian penulis |
60% peran penulis, 40% pembimbing |
80% peran penulis, 20% pembimbing |
90% peran penulis, 10% pembimbing |
4 |
Bobot Ilmiah |
Rendah – sedang |
Sedang – tinggi. Pendalaman / pengembangan terhadap teori dan penelitian yang ada |
Tinggi, Tertinggi dibidang akademik. Diwajibkan mencari terobosan dan teori baru dalam bidang ilmu pengetahuan |
5 |
Pemaparan |
Dominan deskriptif |
Deskriptif dan Analitis |
Dominan analitis |
6 |
Model Analisis |
Rendah – sedang |
Sedang – tinggi |
Tinggi |
7 |
Jumlah rumusan masalah |
Sekitar 1-2 |
Minimal 3 |
Lebih dari 3 |
8 |
Metode / Uji statistik |
Biasanya memakai uji Kualitatif / Uji deskriptif, Uji statistik parametrik (uji 1 pihak, 2 pihak), atau Statistik non parametrik (test binomial, Chi kuadrat, run test), uji hipotesis komparatif, uji hipotesis asosiatif, Korelasi, Regresi, Uji beda, Uji Chi Square, dll |
Biasanya memakai uji Kualitatif lanjut / regresi ganda, atau korelasi ganda, mulitivariate, multivariate lanjutan (regresi dummy, data panel, persamaan simultan, regresi logistic, Log linier analisis, ekonometrika static & dinamik, time series ekonometrik) Path analysis, SEM |
Sama dengan tesis dengan metode lebih kompleks, berbobot yang bertujuan mencari terobosan dan teori baru dalam bidang ilmu pengetahuan |
9 |
Jenjang Pembimbing/ Penguji |
Minimal Magister |
Minimal Doktor dan Magister yang berpengalaman |
Minimal Profesor dan Doktor yang berpengalaman |
10 |
Orisinalitas penelitian |
Bisa replika penelitian orang lain, tempat kasus berbeda |
Mengutamakan orisinalitas |
Harus orisinil |
11 |
Penemuan hal-hal yang baru |
Tidak harus |
Diutamakan |
Diharuskan |
12 |
Publikasi hasil penelitian |
Kampus Internal dan disarankan nasional |
Minimal Nasional |
Nasional dan Internasional |
13 |
Jumlah rujukan / daftar pustaka |
Minimal 20 |
Minimal 40 |
Minimal 60 |
14 |
Metode / Program statistik yang biasa digunakan |
Kualitatif / Manual, Excel, SPSS dll |
Kualitatif lanjut / SPSS, Eview, Lisrel, Amos dll |
Kualitatif lanjut / SPSS, Eview, Lisrel, Amos dll |
Sumber :
- Agung Wahyudi Biantoro, Metode Penelitian Ekonomi Islam, 2009
- http://saputro64.blogspot.com/2013/04/pengertian-dan-bentuk-bentuk-karya-tulis.html